Baca Ini !!!, Insyah Allah Kalian Akan Berhenti Makan Pa'tong ( Daging Anjing)

We are not food
   
   Di Toraja, mengkonsumsi daging anjing merupakan hal yang sangat lumrah. Daging anjing, yang di kalangan masyarakat Toraja di sebut Pa'tong atau RW bahkan boleh di bilang makanan yang paling di gemari, walupun harganya cukup mahal. Padahal selain sebagai hewan yang harusnya menjadi sahabat dan harusnya tidak di sakiti apalagi di makan, daging anjing juga berbahaya bagi tubuh manusia.

    Berikut adalah alasan-alasan mengapa kalian harus meninggalakan kebiasaan buruk mengkonsumsi daging anjing itu.

Daging anjing bisa menyebabkan rabies

       Di Filipina, 300 orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit rabies. Padahal di sana anjing-anjing sudah rutin divaksinasi. Bagaimana dengan Indonesia, terutama Toraja yang orangnya saja belum tentu di vaksinasi, apalagi anjingnya. Dan lagi, di Toraja tidak ada yang namanya peternakan anjing ( kalo sudah ada, maap kurang update). Daging anjing yang biasanya di konsumsi, biasanya berasal dari anjing-anjing yang sebenarnya bukan untuk di konsumsi melainkan untuk menjadi penjaga atau sahabat, dan anjing-anjing tersebut makanannya apa saja termasuk ee'. Jadi kebersihannya, kehigienisannya dan kesehatannya sangat di pertanyakan.


Khasiat daging anjing yang katanya bisa menambah vitalitas pria dan mengahatkan tubuh, itu semua cuma Mitos belaka

       Mitos tersebut sebenarnya merupakan warisan nenek moyang kita, Sampai saat ini, belum ada riset atau penelitian yang membuktikan kedua khasiat tersebut. Yang ada cuma hasil-hasil riset yang mengatakan jika daging anjing sebenarnya mengandung banyak bakteri yang bisa membawa penyakit.

Kebanyakan daging anjing yang di jual di rumah-rumah makan, berasal dari anjing curian.

    Tidak mau di sebut penadahkan??, apalagi jika menadah barang curian di dalam tubuh alias barang curian menjadi bagian dari tubuh kita . Seperti saya sudah sebutkan di poin di atas, bahwa di Toraja tidak ada yang namanya peternakan anjing. Jadi dari mana anjing-anjing di rumah-rumah makan itu berasal? Padahal di Toraja normalnya satu rumah punya 1-5 ekor anjing. Jadi dari mana? Silahkan simpulkan sendiri.

Anjing mempunyai emosi yang mirip dengan manusia, yang bisa merasakan sakit hati.

      Ini bukan sekedar omong doang, tapi telah di buktikan oleh para ahli. Tahukah kamu, cara menangkap anjing yang ada di Toraja? Anjing-anjing yang akan di konsumsi biasanya di "pa'tong"(yang sekaligus menjadi nama masakan dagingnya) yaitu di pukul di bagian kepalanya hingga mati, atau jika susah untuk "mema'tong" anjing tersebut, maka akan di racuni dengan potas. Coba bayangkan betapa tidak "manusiawinya" cara itu untuk mahluk yang bisa merasakan sakit hati ( Bayangkan jika hal itu terjadi pada diri Anda?). Lihat saja teman-teman anjing saat teman atau keluarga mereka di pa'tong, biasanya menggonggong tidak rela teman atau keluarga mereka itu kalian jadikan santapan.

Anjing merupakan sahabat manusia

     Apakah kalian pernah menonton film Hachiko dan film Hearty Paws? Kedua film yang diangkat dari kisah nyata tersebut menceritakan tentang betapa setianya anjing terhadap tuannya. Mereka bahkan rela berkorban demi tuan mereka. Memang, sejak dulu anjing merupakan binatang yang menjadi sahabat yang paling dekat dengan manusia. Saking dekatnya, anjing biasanya di beri nama. Misalnya nama anjing paling populer di Toraja antara lain: Jaga, bolong, busa, leki, dan lain-lain.
Bayangkan jika kalian harus menyakiti, apalagi memakan sahabat kalian sendiri.

Dan akhirnya, saya ingin mengutip sebuah quote yang sangat menyentuh, dari  seorang pelawak dan dosen, yaitu Henry Wheeler Shaw yang mengatakan:

"A dog is the only thing on earth loves you more than he love him self"
" anjing adalah satu-satunya di bumi yang mencintaimu lebih dari dirinya"

Cek Artikel Saya Yang Lain

Mitos-Mitos Toraja Tentang Hujan Dan Penjelasannya Secara Ilmiah

Tokoh Tokoh Terkenal Indonesia Berdarah Toraja

Pembunuhan-pembunuhan sadis yang pernah terjadi di Toraja

Perbedaan adu Kerbau Toraja dan Vietnam

Kata-kata Bahasa Toraja Yang Tidak Bisa di Bahasa Indonesiakan

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI