Fakta-fakta Unik Tentang Toraja Di Dunia Yang Perluh Kalian Ketahui

 
    Toraja memang tidak akan pernah habis untuk di bicarkan. Selalu saja ada hal-hal yang menarik yang layak untuk jadi bahan cerita. Terutama soal budaya dan tradisi yang sudah di kenal di seampero dunia. Namun, saking terkenalnya, maka tak sedikit fakta-fakta daerah kita yang jarang di ketahui oleh orang-orang.

    Berikut, beberapa fakta-fakta tentang Toraja, yang mungkin kalian belum ketahui. Apa saja itu? Mari kita bahas stu per satu.

1) Tahukah kalian, Toraja merupakan salah satu situs warisan dunia yang ada di Indonesia.

    Mungkin beberapa dari kaliam, belum tahu fakta ini, bahwa sejak tahun 2009 lalu, Toraja di tetapkan menjadi salah satu situs Warisan Dunia, atau World Heritage dalam kategori kebudayan oleh UNESCO, yaitu salah satu organisai di dunia yang berada dalam naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB, yang menangani bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan. Sampai saat ini, baru beberapa situs warisan dunia yang di lindungi oleh UNESCO, yang berasal dari Indonesia. Dan kita perlu bersyukur karena daerah kita menjadi salah satunya yang beruntung.

2) Tahukah kalian, bahwa rumah Tongkonan, bisa anda jumpai di Eropa, khususnya di negara Belgia.
 
     Bagi suku Toraja, rumah Tongkonan merupakan simbol kekerabatan atau persaudaraan dalam keluarga. Semua orang yang mempunyai darah Toraja, di pastikan memiliki minimal satu rumah Tongkonan. Namun, tahukah kalian jika ternyata selain ada di Toraja dan beberapa daerah di Indonesia, di Belgia pun kita bisa menjumpai rumah kebanggan kita tersebut, tepatnya di sebuah taman yang bernama Parc Paradisio, di kota Brugelette, Belgia. Rumah Tongkonan tersebut terletak pas di pintu masuk taman yang luasnya sekitar 5 hektar itu. Keberadaan rumah Tongkonan di taman tersebut, karena ketertarikan sang pemilik taman terhadap keunikan rumah Tongkonan.

3) Di Jerman pun, ada Alang (Lumbung padi orang Toraja) yang menjadi maskot salah satu museum di sana.

    Selain rumah adat Toraja atau Tongkonan yang di bangun di sebuah taman di Belgia, di Jerman pun ternyata ada sebuah museum yang menggunakan lumbung padi tradisional Toraja, atau dalam bahasa Toraja di sebut Alang, sebagai maskotnya. Museum bernama Rautenstrauch- Joest, yang berlokasi di kota Cologne, Jerman ini, mengimpor langsung sebuah Alang atau lumbung yang sudah jadi dari Toraja, di mana alang tersebut sebelumnya di bongkar terlebih dahulu dan baru di pasang setelah tiba di sana. Alang yang berukuran panjang 11 meter, tinggi 7,5 meter dan lebar 5 meter ini,sama pesrsis dengan Alang tradisional Toraja jaman dulu, yang tidak menggunakan paku sama sekali, dan atapnya terbuat dari potongan-potongan bambu yang di susun sedemikian rupa.

4) Kopi Toraja, ternyata sudah di patenkan oleh perusahaan Key Coffee asal Jepang

      Fakta yang satu ini, sangat di sayangkan. Karena sejak awal tahu 2000an lalu, sebuah perusahaan kopi di negara Jepang, yakni Key Coffee, telah mempatenkan kopi Toraja sebagai merek dagang milik mereka. Memang, selama ini Jepang dan Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor utama kopi Toraja. Kopi Toraja di kenal sebagai "Queen Of Coffee"  di dunia, bersama dengan kopi asal Kolombia, karena aroma dan cita rasanya. Namun sayang seribu sayang, dengan di patenkannya kopi Toraja tersebut sebagai merek dagang perusahaan kopi di Jepang, maka dengn otomatis kita tidak bisa mengekspornya secara langsung tanpa melalui perusahaan asal Jepang tersebut. Semoga saja ada langkah konkreet pemerintah untuk mengembalikan hak paten kopi kita tersebut.

5)  Gambar-gambar upacara Ma'nene pernah menjadi trending topic di negara-negara barat.

       Tepatnya tahun 2010 lalu, selain menjadi viral di Indonesia, beberapa foto-foto mayat yang sedang di bersihkan dan di ganti pakaiannya di acara Ma'nene, juga menjadi trending topic di dunia barat sana. Saking viralnya, foto-foto tersebut malah di anggap sebagai hoax alias gambar rekayasa oleh mereka. Hal ini membuat beberapa situs berita online terkemuka di dunia, seperti  The Dailymail di Inggris, serta The National Geographic membahas foto-foto tersebut. Tanggapa mereka pun beragam setelah membaca penjelasan situs-situs bereita tersebut. Mulai dari tetap tidak percaya, respek terhadap buadaya kita, hingga menganggap tradisi tersebut bisa menularkan penyakit dari mayat ke orang-orang di sekitarnya.

     Itulah lima fakta-fakta tentang Toraja di dunia, yang mungkin saja belum kalian ketahui. Jangan lupa menuliskan pada kolom komentar jika ada fakta lain tentang Toraja yang kalian ketahui dan belum saya tulis diatas. Terima kasih sudah membaca. Kurre sumanga'


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Komentar yang mengandung pornografi,kekerasan, SARA,kurang beretika akan di hapus
PERMISI